Trik Mendongkrak Bisnis Lewat Media Massa


Bagaimana trik memanfaatkan media massa sebagai leverage untuk mengembangkan bisnis kita?

APAKAH MEDIA MASSA
Apakah media massa? Adalah sarana publikasi baik yang tercetak (koran, majalah, tabloid, jurnal, buletin) maupun tersiar (radio, televisi, web) yang terpublikasikan secara massal kepada masyarakat luas, di segala segmen lapisan, dalam saat yang sama, pada tempat yang meluas.

APAKAH YANG DIBUTUHKAN MEDIA?
  • Apakah yang dibutuhkan media massa? Adalah berita-berita, informasi-informasi, data-data, fakta-fakta, kisah-kisah, pengalaman-pengalaman, dan sebagainya yang layak disiarkan secara massal, diketahui publik secara meluas. Karena memang MENARIK untuk dipublikasikan.
  • Sejumlah pakar komunikasi menyebut hanya 2 saja yang dibutuhkan media: yakni FAKTA SOSIOLOGIS dan FAKTA PSIKOLOGIS.
  • Fakta Sosiologis adalah Peristiwa yang terjadi secara De Facto
  • Fakta Psikologis adalah Fakta Yang Dibuat/Direkayasa yang beritanya lebih bersifat respons terhadap kejadian/peristiwa, misalnya tanggapan, komentar, dan kutipan dari tokoh yang terkait.
  • Kalau Anda bisa MEMBUAT sebuah KEJADIAN, maka Media layak untuk menulisnya. Kalau Anda bisa membuat KOMENTAR yang menarik, maka media pun layak mengutipnya.
Siapa yang bekerja di media massa

Secara Umum departemen di
media massa terbagi dalam 3 bagian:
  1. Redaksi (Reporter/Wartawan, Koordinator Liputan, Pemimpin Redaksi)
  2. Perusahaan (Iklan & Keuangan)
  3. Umum / Kesekretariatan
Siapa Yang Bisa Kita Manfaatkan
  • Sebagai sebuah lembaga Bisnis maka kita bisa memanfaatkan 2 ini:
  • Wartawan (berhub. dgn pemberitaan)
  • Bagian Iklan (berhub. dgn Iklan/Adv)
  • Salah satu atau dua-duanya bisa kita pegang sebagai kunci kita untuk mendongkrak kesuksesan bisnis
SEPULUH Cara Bekerja sama dengan Media Massa
untuk Membesarkan Bisnis Kita

1. Membuat Pers Release
2. Membuat Surat Pembaca
3. Menanggapi Berita yang Berkait Bisnis Kita
4. Membuat Advertorial
5. Memasang Iklan
6. Mengadakan Konferensi Pers
7. Membuat Press Tour
8. Membuat Aksi Karitatif (Aksi Sosial)
9. Mengembangkan Kegiatan CSR
10. Kunjungan ke Meja Redaksi

Apa Yang Bisa Kita Manfaatkan dari media
1. Mengenalkan dan Mempopulerkan
LEMBAGA USAHA / Bisnis Kita
2. Mengenalkan dan Mempopulerkan
PERSON penting di Lembaga Bisnis Kita
3. Mengenalkan dan Mempopulerkan PRODUK
yang dipasarkan Lembaga Bisnis Kita.
4. Mengenalkan dan Mempopulerkan
BRAND / MEREK Produk yang kita jual
Ujung dari semuanya adalah peningkatan OMSET, keberhasilan dalam pemasaran, dan kesuksesan bisnis secara keseluruhan

Trik Pertama: KECEPATAN
Jika Ada berita yang memuat suatu kejadian dan berhubungan dengan produk kita, SEGERA buat Pers Release. Kalau bisa hari itu juga, meski 1 lembar halaman. Segera fax ke redaksi bersangkutan. Harapannya, redaksi tertarik menggali informasinya lebih jauh dan menghubungi kita. Yang paling penting dari Rilis ini adalah tulis tanggapan yang “MENARIK”

Bagaimana Cara Kita Memanfaatkan Media?
  • Menanggapi sebuah Kejadian/Berita
  • Menunggangi Isu yang Berkembang
  • Menciptakan Isu yang sama sekali Baru
  • Menciptakan Even Yang Libatkan Massa
  • Melakukan Kegiatan Sosial
  • Melaksanakan Pers Tour
  • Mengadakan Jumpa Pers
  • Membuat Sensasi atau Kontroversi
  • Membeli Halaman untuk advertorial
Pilih Cara Termudah
  • Memelihara Hubungan Baik dgn Wartawan
  • Dalam banyak kasus, akan lebih enak pemberitaan kita dimuat di media massa, jika kita sudah punya hubungan dengan wartawan sebelumnya. Cukup main kontek via telepon, semuanya tinggal atur. Maka tugas pertama kita adalah mempunyai kontak dengan teman-teman wartawan. Caranya gimana? Bisa tanya ke redaksinya, bisa berburu mereka di tempat2 konferensi pers berlangsung atau gabung di tempat wartawan nongkrong.
SURAT PEMBACA
  • Ini sering diremehkan orang. Padahal, sesungguhnya ini Ruang yang sangat efektif. Mengapa? Karena hampir semua orang membaca kolom Surat Pembaca. Kalau kita bisa MENGEMAS surat pembaca yang menarik berkaitan dengan produk kita, maka Surat Pembaca bisa menjadi sarana Promosi yang Sangat Efektif.
  • Yang dibutuhkan hanya kecerdasan untuk membuat kalimat-kalimat pendek (3 - 5 ALENIA) yang langsung mengena ke inti pesan tetapi nuansanya halus sehinga tidak terkesan promosi banget? Misal, dikemas dalam kata: konsultasi, beasiswa, AKSI sosial, tanggapan, dan sebagainya.
RILIS DAN SURAT PEMBACA
  • Bikin JUDUL Yang Menarik. 5 - 10 Kata. Yang Cukup Sensasi, Bombas, Menohok, Mencuri Perhatian, Bikin Penasaran, Berbeda,….
  • Mulai dari Hal yang terpenting, berlanjut Keterangan2 yang sifatnya Tambahan. Kutipan Menjadi Kata Kuncinya. Bikin Kutipan yang Menarik dan Berisi (Inti)
  • Rilis Cukup 5 - 10 Alenia. Halaman Koran Sangat Terbatas. Berbagi dengan Berita Lain.
  • Bagian Akhir, cantumkan selengkap mungkin identitas diri, perusahaan/lembaga, jabatan dan kontak dari person yang bisa dimintai keterangan lebih lanjut hal tersebut
MEMBUAT ADVERTORIAL
  • MAU CARA YANG PALING EFEKTIF LAGI UNTUK MEMBUAT OPINI PUBLIK?
  • Buatlah ADVERTORIAL. Ini Jika Kita Punya Bujet Dana yang Cukup Besar. Kita Booking Halaman Koran dan kita isi beritanya sesuai kemauan kita. Semau-mau kita. Bahkan Waktu tayang pun terserah kita maunya kapan, berapa kali, berapa besar. Kita bisa minta bantuan wartawan untuk membuatkan Advertorial
KUNJUNGAN KE REDAKSI
Cara yang juga Murah adalah Membuat Acara Kunjungan ke Redaksi Surat Kabar. Momentumnya bisa dipaskan dengan acara Ulang Tahun Perusahaan yang sedang menggelar berbagai kegiatan untuk masyarakat luas. Berita yang seperti ini sangat disukai oleh media. Pada saat itu serahkan rilisnya ke redaksi. Pasti Dimuat.

Pentingnya Pers Tour
Jika yang kita butuhkan adalah pemberitaan yang lebih mendalam, detil, komprehensif, maka ada pilihan yang lebih mengena. Adakan Press Tour. Ajak sejumlah wartawan ke lokasi produksi dan pemasaran kita. Ini untuk memudahkan wartawan dalam mengambil foto-foto eksklusif dan wawancara langsung dengan narasumber di lokasi. Juga untuk meyakinkan publik bahwa produk kita berkelas dan berkualitas. Foto2 yang bagus biasanya memang dari Lokasi TKP.

Karakter Publik, Media = Kebenaran
  • Bagi Masyarakat kita; Media masih dianggap Kebenaran. Yang diberitakan media, itulah yang diikuti massa. Jadi, manfaatkan psikologi massa seperti itu
  • Faktanya, Kita bisa bekerjasama dengan media untuk mengarahkan opini / selera publik bahkan membuat trend. Kenapa tidak kita mainkan? Kata Kuncinya, media bisa diajak kerjasama, tinggal bagaimana mengemas caranya.
  • Cepat atau lambat produk atau lembaga yang sering dimuat media akan semakin besar. Konsekuensi itu berbanding lurus. Makin sering mengisi ruang media, makin cepat publik mengenalnya. Ya, seperti artis, makin sering masuk infotainment makin larislah ia.
YANG MEMUDAHKAN WARTAWAN
1. Usahakan Rilis sudah Matang. Pilihannya: (a) Sudah dalam bentuk Tulisan Berita sehingga Wartawan Tinggal Mengedit sesuai karakter medianya; (b) Dalam bentuk pointer sehingga wartawan tinggal merangkai sesuai kebutuhan
2. Data-data pendukung sertakan sebagai lampiran saja. Wartawan akan mengutipnya senyampang dibutuhkan. Misal Company Profile, Data Angka Statistik Pemasaran Sejarah, dsb. Berguna Jika mau ditulis bersambung.

Yang Tabu Dilakukan kepada Wartawan
1. Jangan Menanyakan Kapan Berita Akan Dimuat. Bisa Tersinggung. Merusak Hubungan yang Telah Terjalin. Biarkan saja ia mencari waktunya.
2. Jangan Menghubungi Wartawan Ketika Butuh saja. Jadikan ia sahabat. Kirim sms atau telpon meski sekedar mengingatkan makan siang atau selamat ulang tahun. Ajak makan siang/nonton sekali waktu.
Wartawan juga Manusia. Perlakukan secara Manusiawi. Sebagai teman.

KASUS-KASUS YANG MEMBUKTIKAN BAHWA MEDIA MASSA TELAH MEMBESARKAN MEREKA
  • Puspo Wardoyo (Wong Solo)
  • Hermawan Kertajaya (MarkPlus)
  • Wahyu Hidayat (Bakmi Langgara)
  • Purdi E Candra (Primagama)
  • Ary Ginanjar Agustian (ESQ)
  • AA Gym (Manajemen Qolbu/Darut Tauhid)
  • Tung Desem Waringin (TDW Konsultan)
Mau Sukses Cepat?

Dongkrak
Bisnismu
Lewat
Media Massa
"Among Kurnia Ebo"

Labels:



1 Response to "Trik Mendongkrak Bisnis Lewat Media Massa"

  1. modaltekun says:

    Good idea

Leave A Comment:

Copyright © METAMORFOSA.